Kamis, 04 September 2014

GGRM – Loyalitas Tinggi Konsumen Rokok – BELI, target harga Rp59.000
(oleh: Raymond Budiman)

Rekomendasi: BELI
Target Harga: Rp59.000
Entry Point: Rp54.000 – 56.000

PT Gudang Garam Tbk
Jika kita perhatikan, pengguna rokok bisa dikatakan sangat sulit untuk meninggalkan kebiasaan merokoknya. Tidak heran jika mereka membelakan untuk membeli rokok walaupun keadaan keuangan lagi sulit. Hal ini tentu menjadi keuntungan bagi perusahaan rokok.

Meski sudah diberi peringatan bahaya merokok, diberi gambar seram, kita perhatikan bahwa pengguna rokok tidak terlalu terpengaruh akan hal tersebut. Dengan kata lain, konsumen rokok cenderung menjadi pelanggan setia untuk menggunakan rokok.

Jumlah penduduk Indonesia terus meningkat, jumlah anak kecil yang menjadi dewasa juga semakin banyak. Hal ini menunjukkan permintaan rokok juga tetap akan terus meningkat.

Terbukti dari pendapatan GGRM yang terus meningkat dari tahun ke tahun, bahkan disaat melewati masa krisis pun seperti tahun 2008 - 2009, pendapatan GGRM tetap tumbuh.

Bahkan selama Januari - Juni 2014, GGRM berhasil mencatat penjualan Rp32,7 triliun, dengan kata lain, jika kita proyeksi 1 tahun, GGRM berpotensi memperoleh penjualan Rp65 triliun! Atau kembali tumbuh 17% dibanding penjualan sepanjang 2013.




BELI – Target Harga akhir 2014 Rp59.000
Hingga Juni 2014, GGRM mampu mencatat EPS Rp1410, dengan kata lain hingga akhir 2014 ini, GGRM berpotensi mencatat EPS Rp2820.

Sejak tahun 2011, GGRM diperdagangkan di PER 24 – 26x. Saat ini, PER GGRM 19,4x, masih lebih rendah dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Tidak muluk-muluk, dengan target PER 21x saja dan EPS Rp2820 diakhir 2014, hal ini menunjukkan GGRM berpotensi mencapai target harga Rp59.000.


Apalagi jika PER GGRM kembali kelevel 24x, artinya harga saham Rp67.000 bukanlah hal yang mustahil.

Tidak ada komentar: