Rabu, 03 September 2014

PWON – Pendapatan Kuat dan Stabil – BELI, target harga Rp480
(Oleh: Raymond Budiman)

Rekomendasi: BELI
Target harga akhir 2014: Rp480
Entry point: Rp440 – 450

PT Pakuwon Jati Tbk (PWON)

Katalis:

  1. Kontribusi pendapatan berulang (recurring income) cukup besar, 43% dari total pendapatan, membuat karakteristik pendapatan menjadi stabil.
  2. Pertumbuhan konsisten.
  3. BELI, target harga akhir 2014 Rp480, entry point Rp440-450.


Recurring income membuat pendapatan stabil.
PWON memiliki portofolio Mal yang cukup banyak seperti Gandaria City, Kota Kasablanka, Tunjungan City, dan Pakuwon City. Hal ini membuat pendapatan berulang (recurring income) PWON cukup besar seperti pendapatan sewa, hotel, pengelolaan parkir, dll. Sehingga PWON tidak hanya mengandalkan pendapatan dari penjualan seperti kondominium, tanah, kantor, dan bangunan. Hal ini yang membuat pendapatan PWON lebih stabil dibanding perusahaan properti yang hanya mengandalkan pendapatan dari menjual.

Ditengah suku bunga bank yang lagi tinggi, kami menilai perusahaan properti yang memiliki kontribusi pendapatan berulang (recurring income) besar akan lebih stabil, dibanding perusahaan properti yang hanya mengandalkan penjualan.

Sepanjang periode Januari-Juni 2014, PWON mencatat omset atau pendapatan sebesar Rp1,88 triliun, naik 15,7% dibanding periode yang sama 2013.

Dari total omset sebesar Rp1,88 triliun, sebesar 43% atau sekitar Rp804 miliar dikontribusi dari pendapatan berulang (recurring income) seperti pendapatan sewa, hotel, pengelolaan parkir dan lainnya. Sementara sisanya dari hasil penjualan kondominium, kantor, serta tanah dan bangunan.

Berikut perbandingan komposisi pendapatan perusahaan properti per Juni 2014.


Terlihat PWON tidak hanya mengandalkan pendapatan dari penjualan seperti Sumarecon, BSD, Ciputra, dan Alam Sutera. PWON memiliki pendapatan berulang yang cukup besar, berasal dari sewa, hotel, dan lainnya. Hal ini didukung dari portofolio mal yang cukup banyak.

Pertumbuhan stabil.
Recurring income terbukti dapat membuat pendapatan PWON lebih stabil dari tahun ke tahun.



Melihat hal tersebut, kami yakin pendapatan PWON tetap akan tumbuh dan stabil dimasa yang akan datang.

BELI, target harga akhir 2014 Rp480
Sejak tahun 2012, PWON diperdagangkan pada kisaran PER 13x. Per Juni 2014, PWON berhasil mencatat EPS (laba bersih per saham) Rp18,81. Sehingga jika diproyeksi, maka hingga akhir 2014 PWON berpotensi mencatat EPS Rp37 per saham. Dengan tingkat PER 13x, maka kami melihat target harga akhir 2014 sebesar Rp480 masih sangat mungkin tercapai. Rekomendasi BELI.


Tidak ada komentar: